Profil Sekolah


SMP YPK 1 Tenggarong didirikan pada tanggal 11 Mei 1984 berdasarkan Surat Keputusan Nomor 188.45-123/400/1984 SMP YPK 1 TENGGARONG merupakan sekolah di wilayah Kalimantan Timur. Kepala Sekolah yang pertama kali menjabat adalah. Dra. Hj. Arpiah Rusli tahun 1989 s.d 1991, selanjutnya oleh Drs. Asmara Diharja , Ir. Supiyani, . Pada tahun 1997 kepala sekolah dijabat oleh H. Tursino,S.Pd.,MM.,M.Si sampai dengan sekarang.
SMP YPK 1 Tenggarong memiliki 693 siswa terdiri dari 18  rombongan belajar dengan rincian kelas VII sebanyak 6  kelas, VIII  sebanyak 6  kelas, IX sebanyak 6 .kelas. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pada pagi hari, masuk pukul 07.30 sampai dengan 12.45 untuk sore hari, masuk pukul 13.10 sampai dengan 17.30. Jumlah tenaga pendidik di SMP YPK 1 Tenggarong sebanyak 29  orang, terdiri dari 6  orang berstatus pegawai negeri dan 23 orang berstatus pegawai honorer. Jumlah tenaga kependidikan sebanyak  29  orang. SMP YPK 1 Tenggarong menempati sebidang tanah dengan luas 5.000 m2, dengan jumlah ruang belajar 12 ruang,  1 ruang kepala sekolah, 1 ruang guru, 1 ruang TU, 1 ruang laboratorium IPA, 1 ruang OSIS, 1 ruang UKS, dan 1 petak kantin sekolah. Sekolah ini terletak dijalan Mawar I Kelurahan Panji Kecamatan Tenggarong Kab. Kutai Kartanegara Provinsi  Kalimantan Timur.  Lokasi sekolah yang berada di pusat kota menyebabkan sekolah ini menjadi salah satu sekolah favorit yang diidolakan oleh siswa dan orang tua siswa. Di usianya yang ke 26 SMP YPK 1 Tenggarong semakin mapan dan tumbuh dengan pesat. Hal ini juga tidak terlepas dari dukungan masyarakat sekitar, alumni dan orang tua siswa. Mayoritas orang tua / wali siswa yakni sekitar 20  % adalah sebagai SWASTA/WIRASWASTA, PETANI   sekitar 55 % dan sisanya yakni sekitar 25  % sebagai PNS.
SMP YPK 1 Tenggarong dengan berbagai programnya selalu berupaya miningkatkan mutu sekolah dengan terus menerus memperbaharui sistem kurikulum sekolah, sesuai amanat Undang-undang dan Peraturan Pemerintah. Lahirnya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan adalah amanat penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada setiap jenjang pendidikan dasar dan menengah, dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) yang ditetapkan dengan Permen Diknas No 22 tahun 2006 dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang ditetapkan dengan Permen Diknas No 23 tahun 2006 serta berpedoman pada panduan penyusunan KTSP yang dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Merespon hal tersebut, SMP YPK 1 Tenggarong sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yakni Kurikulum SMP YPK 1 Tenggarong. Kurikulum ini merupakan kurikulum operasional yang disusun mengacu pada Standar Isi (SI), Standar Kelulusan (SKL) dan berpedoman pada panduan penyusunan KTSP  sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah serta pertimbangan komite sekolah, dengan tetap memperhatikan karakteristik peserta didik, potensi dan kondisi sekolah dan daerah, yang mampu mewadai kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

B.       Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah
Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut: (1) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (2) globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, (3) era informasi, (4) pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, (6) dan era perdagangan bebas.
Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh sekolah kami, sehingga visi sekolah diharapkan  sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang. Namun demikian, visi sekolah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional. Visi juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan (1) potensi yang dimiliki sekolah, (2) harapan masyarakat yang dilayani sekolah.
Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stakeholders)  bermusyawarah, sehingga visi sekolah mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.


1.    Visi SMP YPK 1 Tenggarong
Perkembangan dan tantangan masa depan seperti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, globalisasi yang sangat cepat,  era informasi dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. SMP YPK 1 TENGGARONG memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa kini maupun di masa datang yang diwujudkan dalam Visi Sekolah sebagai berikut:
”Terujudnya penyelenggaraan sekolah yang bermutu, unggul dalam menuju kemandirian ketaqwaan, berakhlak, cerdas, terampil dan berbudi pekerti luhur”

2.    Indikator Visi
a.       Unggul dalam meningkatkan proses belajar mengajar
b.      Unggul meraih nilai UNAS dan UNASE
c.       Unggul dalam persaingan masuk di SMA/SMK favorit ditingkat Kabupaten
d.      Memiliki perpustakaan yang bermutu dan berkualitas
e.       Pemberdayaan administrasi dalam peningkatan layanan administrasi sekolah
f.       Kualitas manjemen sekolah yang memiliki mutu sangat baik
g.      Mutu laboratorium yang mampu meningkatkan keilmuan siswa
h.      Kondisi saran sekolah yang mampu mencapai tingkat sekolah standar nasional (SSN)
i.        Unggul dalam meningkatkan kerohanian
j.        Unggul dalam seni dan budaya
k.      Unggul dalam kedisiplinan sekolah
l.        Unggul dalam prestasi olah raga dan perlombaan yang diadakan

Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas.


3.    Misi SMP YPK 1 Tenggarong
Berdasarkan visi di sekolah maka SMP-YPK 1 Tenggarong memiliki misi sebagai berikut:
a.       Melaksanakan pembelajaran memlalui pendekatan Contextual Teaching Learning dalam PBM
b.      Meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan media dan sarana lainnya dalam PBM
c.       Memberikan Bimbel dan kegiatan try out untuk mencapai nilai yang maksimal
d.      Memberikan layanan belajar yang efektif dan efesien dengan sumber belajar yang memadai
e.       Mensosialisasikan dan menumbuhkan semangat persaingan dalam mencapai prestasi
f.       Mengembangkan peningkatan layanan perpustakaan
g.      Meningkatkan kemampuan tenaga administrasi sekolah dengan pembinaan dan pelatihan guna menciptakan administrasi kantor yang baik
h.      Melengkapi dan mengadakan bahan sarana dalam meningkatkan managemen sekolah yang baik
i.        Meningkatkan layanan laboratorium guna menunjang kegiatan siswa yang lebih serta memenuhi standar
j.        Meningkatkan program 5K untuk menciptakan sekolah yang nyaman dan kondusif
k.      Menumbuhkan dan mendorong kepada siswa untuk meningkatkan pembinaan mental / rohani
l.        Menumbuhkan pada diri siswa untuk meningkatkan disiplin dan memiliki budi pekerti yang luhur
m.    Mendorong dan menumbuhkan semangat untuk berprestasi dalam berbagai perlombaan : Olahraga, seni, sains, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan lain-lain.


4.    Tujuan SMP YPK 1 Tenggarong
            Berdasarkan Visi dan misi tersebut diatas maka disusunlah tujuan yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan sekolah pada tahun 2010, yaitu:
a.       Rata-rata nilai UNASE meningkatkan dari 6,03 – 7,5 saat ini menjadi 7,5 pada tahun 2010, tantangan meningkat 1,5 dan 20%
b.      Meningkatkan kemampuan dan kualitas guru dalam melaksanakan PBM yang memenuhi standart nasional
c.       Saat ini siswa diterima sekolah favorit tingkat kabupaten mencapai 40% di harapkan tahun 2010 mencapai 75%
d.      Memberikan layanan Bimbel pada siswa dan mampu meningkatkan prestasi siswa yang maksimal
e.       Meningkatkan layanan perpustakaan dari 75% menjadi 85%
f.       Meningkatkan kecakapan tenaga administrasi dalam melayani keperluan sekolah
g.      Meningkatkan layanan laboratorium untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam menggunakan peralatan dan fasilitas yang tersedia (peralatan TIK dan IPA)
h.      Meningkatkan lembaga sekolah menjadi model sekolah lain
i.        Pada saat ini peran serta siswa dalam melaksanakan 5K belum maksimal diharapkan pada tahun 2010 mencapai 90% siswa berperan serta dalam program ini
j.        Saat ini Seni Budaya Daerah belum mendapat respon dari siswa untuk dicintai dan dikembangkan diharapkan pada tahun 2010 mencapai 5% siswa mampu menyukai dan mengembangkan
k.      Pada saat ini belum terbentuk tim (KIR / PIR) diharapkan pada tahun 2010 mampu mengikuti kegiatan perlombaan
l.        Saat ini memiliki tim sepak bola, bola voli, tenis meja, senam, vocal group, paduan suara, tari daerah. Diharapkan mampu meningkatkan prestasi dan mampu meningkatkan peringkat yang telah diperoleh.
m.    Saat ini telah memiliki tim lomba dalam Olimpiade MIPA diharapkan tim tersebut mampu mempertahankan dan meningkatkan prestasi kejenjang yang lebih baik.
n.      Pada saat ini belum dikembangkan secara maksimal perlombaan Pidato bahasa Inggris & bahasa Indonesia diharapkan tahun 2010 dapat mencapai prestasi yang maksimal
o.      Pada saat ini telah memiliki tim pencak silat & Wushu tingkat nasional


5.    Tujuan Jangka Panjang
a.       Memenuhi Standar Nasional Pendidikan.
b.      Memiliki perangkat pembelajaran dan pedoman penilain yang disusun mandiri oleh tim MGMP sekolah melalui identifikasi SI dan SKL.
c.       Memiliki bahan ajar cetak dan bahan ajar berbasis TIK yang dikembangkan secara mandiri oleh tim MGMP sekolah.
d.      Seluruh tenaga pendidik menerapkan pembelajaran berbasis TIK dengan menggunakan perangkat laptop dan LCD.
e.       Memiliki sarana dan prasarana pembelajaran dan pengembangan diri yang standar dan memadai dalam rangka mendukung dan mengoptimalkan program kerja sekolah secera efektif dan efisien.
f.       Memiliki laboratorium Matematika, IPS dan Seni Budaya
g.      Menghasilkan lulusan yang berbudaya, berbudi pekerti luhur, beraklak mulia dan bertaqwa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa yang mampu berpartisipasi dilingkungan sekitar.
h.      Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan tenaga pendidik dan peserta didik dalam berkomunikasi bahasa asing.
i.        Membekali   peserta  didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi  dan  seni, agar mampu mengembangkan diri dikemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang  pendidikan yang lebih tinggi.


6.    Tujuan Jangka Pendek
a.       Memiliki alamat website sekolah yang mampu memberikan layanan informasi berkaitan dengan pembelajaran, penilaian, administrasi dan akses informasi lainnya berkaitan perkembangan ilmu pengetahuan.
b.      Meningkatkan sitem pembinaan pengembangan diri bidang akademik dan non akademik sehingga mampu menjuarai setiap perlombaan baik skala regional maupun nasional.
c.       Menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan melalui penerapan berbagai model dan metode pembelajaran serta penggunaan media dan bahan ajar yang tepat.
d.      Menyelenggarakan pelatihan ketrampilan berbahasa asing dan ketrampilan komputer bagi pendidik dan tenaga kependidikan.
e.       Melengkapi ruang belajar dengan sarana IT seperti TV, komputer dan LCD
f.       Memiliki ruang multi media, Laboratorium Fisika, Kimia dan Biologi.
g.      Mengadakan silahturahmi dengan alumni, orang tua, masyrakat, pemerintah dan instansi dilingkungan sekolah untuk memamarkan program sekolah guna terciptanya pola kerja sama yang lebih baik.